PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA KIMIA SMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA TOPIK ASAM BASA

Authors

  • Firry Abidah Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Selamat Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i1.21179

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan lembar kerja siswa (LKS) berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada topik asam basa sehingga dihasilkan LKS yang valid. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall. Penelitian ini dibatasi sampai empat tahap, yaitu 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan rancangan produk, 4) uji coba terbatas. Penelitian ini menghasilkan LKS yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share layak digunakan untuk pembelajaran kimia topik asam basa. Hal tersebut ditunjukkan oleh: 1) karakteristik LKS dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat membuat siswa berpikir, menjawab dan berbagi jawaban untuk meningkatkan pola interaksi siswa, 2) Tahap validasi menghasilkan data hasil validasi LKS dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada topik asam basa dari validator ahli dan praktisi dengan nilai rata-rata 3,6 yang menunjukkan kriteria sangat valid, 3) hasil uji keterbacaan yang dilakukan oleh 10 orang siswa terhadap produk LKS dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share topik asam basa, menunjukkan kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata 33% baik (B) dab 67% sangat baik (SB).

 

Kata-kata kunci: asam basa, Think Pair Share, penelitian dan pengembangan

 

Abstrack

 

This study aims to develop and describe student worksheets (LKS) based on cooperative learning model type Think Pair Share on acid base topics which a valid worksheet is produced. This type of research using Research and Development (R & D) according to Borg and Gall. This research is limited to four stages, namely 1) research and information gathering, 2) planning, 3) product design development, 4) limited trials. This study produced LKS using the cooperative pair type Think Pair Share model. The results of the study showed that worksheets with the Think Pair Share cooperative learning model are appropriate to be used in studying chemistryon topic acid base. This is indicated by: (1) the characteristics of LKS with cooperative learning models of the Think Pair Share type can make students think, answer and share answers to improve student interaction patterns, (2) the result of validation student worksheet with Think Pair Share cooperative learning models on acid base topics in terms of professional and practitioner with average rating 3.6 showed that gotten very valid, (3) the results of readability tests conducted by 10 students on LKS products with cooperative learning models of Think Pair Share acid base topics, show criteria very good with value on average 33% good (B) and 67% very good (SB).

 

Keywords: acid base, Think Pair Share, research and development

References

Borg, W. L., & Gall, M. D. 1989. Educational Research: Sn Introduction. New York: Long Man.

Chang, R. 2005. Kimia Dasar Jilid 1 Edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga

Hilmina. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa dengan Model Discovery Learning melalui Kegiatan Laboratorium pada Konsep Sistem Koloid (Penelitian Tindakan Kelas di MAN 12 Jakarta Barat Kelas XI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Huda, M. 2014. Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, A. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. 2012. Panduan kreatif membuat bahan ajar. Yogyakarta: Penerbit Diva Pres.

Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudria, I. B. 2006. Peningkatan Kualitas Konsepsi Mahasiswa tentang Konsep-konsep Dasar Kimia Melalui Optimalisasi Pengaitan Aspep Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik pada Perkuliahan Kimia Dasar. Laporan hasil penelitian (tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Downloads

Published

2018-04-30

Issue

Section

Articles