UJI KEPRAKTISAN LEMBAR KERJA SISWA YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Authors

  • Ayu Sayu Mas Megananda Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Lanang Wiratma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Dewa Ketut Sastrawidana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i1.21178

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kepraktisan LKS pada pembelajaran kimia pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit yang menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: (1) pengumpulan data; (2) desain produk; (3) validasi desain; (4) revisi desain (5) uji coba produk; dan (6) revisi produk. Validitas LKS melibatkat dua ahli isi, satu ahli bahasa, dan dua praktisi. Uji coba produk dilakukan dengan uji coba lapangan terbatas yang melibatkan sembilan siswa kelas XI SMAN 1 Kuta Selatan. Hasil uji kepraktisan diperoleh bahwa siswa memberikan respon positif terhadap LKS menggunakan pendekatan saintifik

 

Kata kunci: lembar kerja siswa, pendekatan saintifik, larutan elektrolit dan nonelektrolit.

 

Abstract

 

This study was conducted aimed at describing and explaining the practicality of LKS in learning the subject chemistry of electrolyte and non-electrolyte solutions that use a scientific approach. This research is a development research carried out in several stages, namely: (1) data collection; (2) product design; (3) design validation; (4) design revisions (5)  product trials; and (6) product revisions. The validity of the LKS involved two content experts, one linguist, and two practitioners. The product trial was conducted with a limited field trial involving nine students of class XI SMAN 1 Kuta Selatan. The practicality test results obtained that students gave a positive response to the LKS using a scientific approach

 

Keywords:    student worksheets, scientific approach, electrolyte solutions and nonelectrolytes.

References

Agustin, M. 2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama

Agustin, M dan Amy T. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Scientific

Approach dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Respirasi untuk Kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Tesis (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Malang

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran

Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Mandikdasmen, Depdiknas.

Diani, R. 2016. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan Lks Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Sma Perintis 1 Bandar Lampung”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, volume 5, nomor 2 (hlm 83-93)

Hendro, D & Kaligis, R.E. 1993. Pendidikan IPA. Jakarta: Dirjen Dikti.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor: Ghalia Indonesia.

Medina, P. 2015. “Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non elektrolit Serta Reaksi Oksidasi dan Reduksi dalam Pembelajaran Kimia Di SMAN Kota Padang”. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, Volume 2, nomor 1 (hlm 1-9)

Kesiman, R.D. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Multipresentasi untuk meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X MIPA. Tesis (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud RI.

Permendikbud RI no 81A Tahun 2013 Tentang Penerapan Kurikulum 2013. Kemdikbud RI: Jakarta.

Prasetyo, I. 2016. Teknik Analisis Data

Dalam Research and Development. Jurusan PLS FIP : Universitas Negeri Yogyakarta.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif : Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik, dan Menyenangkan. Yogyakarta : DIFA Press

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik (tinjauan teoritis dan prktik). Yogyakarta : Kencana

Purmitasari, N.L.P. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Asam-basa. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Kimia, UNDIKSHA Singaraja.

Putri, I. 2016. “Pengembangan LKS Pengamatan Dengan Pendekatan Saintifik (5m) Pada Materi Superkelas Pisces Untuk Pembelajaran Biologi Kelas X”.

Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, Volume 5, Nomor 2.

Safitri. A (Ed). 2008. Kimia Dasar Prinsip-

Prinsip dan Aplikasi Modern

Edisi Kesembilan. Erlangga

Satori. D. & Aan K. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembang Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media.

Wiliundiari, N.L.P. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Discovery untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Tesis (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha.

Yildirim, N., Sevil K., dan Alipasa A. 2011. “The Effect of The Worksheets on Students’ Achievement in Chemichal Equilibrium”. Journal of Turkish Scirnce Educatiom. Vol. 8 Issue 3

Yulianti, E. 2014. “Validitas LKS Pengamatan Berdasarkan Pendekatan Saintifik Pada Sub

Pokok Bahasan Angiospermae”. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, Volume 3, Nomor 3

Downloads

Published

2018-04-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)