PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI HIDROKARBON

Authors

  • Ketut Sepdyana Kartini STMIK STIKOM Indonesia
  • I Nyoman Tri Anindia Putra STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.33520

Keywords:

Pengembangan, Android, Media Pembelajaran, Hidrokarbon

Abstract

Kimia menjadi salah stau mata pelajaran yang tidak disenangi oleh siswa karna dianggap sulit serta kegiatan pembelajaran yang terkesan.Kegiatan pembelajaran yang cenderung dilakukan dengan metode ceramah menjadi siswa lebih cepat bosan.Berdasarkan permasalahan tersebut adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu media berbasis android untuk siswa SMA kelas XI, khususnya pada materi Hidrokarbon.Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan metode R&D. Metode R&D terdiri atas 3 tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Subjek penelitian ini adalah 5 orang ahli  yang teridiri dari 3 ahli materi dan 2 ahli media dengan objek penelitian adalah media pembelajaan interaktif berbasis android pada materi Hidrokarbon. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah alpha testyang kemudian dianalisis menggunakan skala guttman. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengujian media dengan instrument alpha test I dihasilkan presesntase rata-rata sebesar 73,67 %, pada alpha test II mendapatkan presentase rata-rata sebesar 95,81 % dan alpha test III mendapatkan presentase rata-rata sebesar 100%. Adanya hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media yang di hasilkan dapat dikategorikan sangat baik dan dapat digunakan sebagai media dalam penunjang kegiatan pembelajaran.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Anshor, F. J., Priyasmika, R., & Purwanto, K. K. (2021). Hubungan kecerdasan spasial-visual dan prestasi belajar pada materi bentuk molekul. Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 03(02), 102–107. http://ejournal.billfath.ac.id/index.php/karangan/article/view/134/134.

Astuti, N. T. (2020). Efektifitas Penggunaan Aplikasi berbasis Android Sebagai Dampak dari Penyebaran Covid-19. Jurnal Eduscience, 7(2), 10–15. https://doi.org/10.36987/jes.v7i2.1919.

Bakar, A., Nurjanah, S., & Fuldiaratman, F. (2018). Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Asam Basa Kelas XI IPA SMAN 10 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(1), 41–48. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i1.5309.

Dony, N., Nuriah, N., Jurniah, J., & Karina, K. (2018). Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Kartu. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 392. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.226.

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487.

Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2061.

Hadiapurwa, A., Novian, R. M., & Harahap, N. (2021). Pemanfaatan Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Belajar Elektronik Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Tingkat SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 36–48. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.38526.

Hatimah, H., & Khery, Y. (2021). Pemahaman Konsep dan Literasi Sains dalam Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(1). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/4078.

Hidayah, R., Fajaroh, F. R., & Narestifuri, E. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Collaborative Problem Based Learning Pada Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2). https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/1016.

Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.

Kartini, K. S., & Setiawan, I. K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Nama Iupac Senyawa Anorganik Berbasis Android. Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 238–245. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.21167.

Komisia, F., Tangi, H. C., & Komisia, F. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Integrasi Representasi Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Education and Development, 9(4). https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.2968.

Laksono, P. J. (2020). Pengembangan Three Tier Multiple Choice Test Pada Materi Kesetimbangan Kimia Mata Kuliah Kimia Dasar Lanjut. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 44–63. https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i1.5649.

Lukman, I. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kimia Siswa SMA Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 157–164. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p157.

Mardhiah, A., & Ali Akbar, S. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49. https://doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173.

Muderawan, W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia In, 3(1), 17–23. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index.

Muzyanah, S., Asmaningrum, H. P., & Buyang, Y. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Sebagai Penunjang Pembelajaran Kimia. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 033–045. https://doi.org/10.35724/mjose.v1i1.949.

Nazar, M., Zulfadli, Z., Oktarina, A., & Puspita, K. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Membantu Mahasiswa dalam Mempelajari Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 39–54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16047.

Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752.

Qodir. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.33650/pjp.v4i2.17.

Rahardjo, T., Degeng, N., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X SMK Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 195–202. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p195.

Rahmadani, S., & Albeta, S. W. (2020). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Siswa SMKN Kehutanan Provinsi Riau Pada Materi Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 3(2), 38. https://doi.org/10.33578/jpk-unri.v3i2.7782.

Saraswati, E., & Novallyan, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pemahaman Konsep Trigonometri. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 2(2), 72. https://doi.org/10.30631/ijer.v2i2.37.

Sari, T. T., & Cahyono, A. H. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Android “Fun Math” Sebagai Alternatif Belajar Matematika di Tengah Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1283–1298. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.355.

Savira, A. N., Fatmawati, R., Rozin Z, M., & Eko S, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1). https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963.

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946.

Simatupang, A. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 199–205. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i3.346.

Sukmawati, T. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Pada Ma-teri Kesetimbangan Kimia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) siswa kelas XI-IA 5 SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(3), 307–315. https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i3.2295.

Supriono, N., & Rozi, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 3(1). https://doi.org/10.29100/jipi.v3i1.652.

Syafi’ah, R., Laili, A. M., & Wafa, M. A. (2021). Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Dasar Berbasis Salingtemas Untuk Mahasiswa S1 Pendidikan IPA Universitas Bhinneka PGRI. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 73–82. https://doi.org/10.24929/lensa.v11i2.170.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles