EFEKTIVITAS E-MODUL LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X

Authors

  • Azizah Kristalia Universitas Negeri Padang
  • Yerimadesi Yerimadesi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.37910

Keywords:

Effetiveness, Guided Discovery learning, Electrolyte and Nonelectrolyte, Learning Outcomes

Abstract

Materi larutan elektrolit dan nonelektrolit merupakan salah satu materi kimia yang bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efektivitas e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari siswa kelas X MIPA dengan X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga kelas sampel ditentukan oleh guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda terdiri dari 20 butir soal dan 5 pilihan jawaban yang valid, reliabel dan  daya pembeda soal serta indeks kesukaran dengan kriteria baik. Tingkat efektivitas e-modul dianalisis dari hasil uji n-gain. Hasil n-gain yang diperoleh pada kelas eksperimen 0,6 sedangkan pada kelas kontrol 0,5 namun keduanya dalam kategori sedang. Sehingga e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning efektif terhadap hasil belajar dengan kriteria tinggi dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Implikasi penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pengalaman langsung bagi siswa.

References

Aisyah, R. S. S., Solfarina, S., & Yuliantika, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit (ELNOEL). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(1), 19–29. https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i1.3715.

Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 1 – 6. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730.

Asmarisa, N., Budiasih, E., & Suharti. (2017). Efektivitas Pembelajaran LC 5E untuk Mengurangi Kesalahan Konsep Materi Redoks dan Retensinya pada SiswaK elas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(9), 1277—1282. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.10007.

Bayharti, B., Azumar, O. R., Andromeda, A., & Yerimadesi, Y. (2019). Effectiveness of redox and electrochemical cell module based guided discovery learning on critical thinking skills and student learning outcomes of high school. , 1317(1), 0-5. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012144.

Cheung, D. (2011). Evaluating Student Attitudes toward Chemistry Lessons to Enhance Teaching in the Secondary School. Educación Química, 22(2), 117–122. https://doi.org/10.1016/S0187-893X(18)30123-X.

Destrini, H., Nirwana, & Sakti, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.13-21.

Eilks, I., & G.Zuin, V. (2018). Editorial Overview: Green and Sustainable Chemistry Education (GSCE): Lessons to be learnt for a safer, healthier and fairer world today and tomorrow. Current Opinion in Green and Sustainable Chemistry, 13. https://doi.org/10.1016/j.cogsc.2018.08.007.

Gazali, F., & Yusmaita, E. (2018). Analisis Prior Knowledge Konsep Asam Basa Siswa Kelas XI SMA untuk Merancang Modul Kimia Berbasis REACT. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 202–208. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/249.

Habibati, H., Nazar, M., & Septiani, P. D. (2019). Pengembangan Handout Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 3(1), 36–41.

Hafsah, RJ, N., Rohendi, D., & Purnawan. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 106. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3200.

Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82 – 91. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1611.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

Kariman, D., Harisman, Y., Sovia, A., & Prahmana, R. C. I. (2019). Effectiveness Of Guided Discovery-Based Module: A Case Study In Padang City, Indonesia. Journal on Mathematics Education, 10(2), 239 – 250. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.6610.239-250.

Linda, R., Zulfarina, M., & Putra, T. P. (2021). Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 191–200. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19012.

Mujakir, & Rusydi. (2019). Pembelajaran Kimia Inovatif untuk Melatih Siswa Menjelaskan Masalah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 38 – 57. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.4450.

Nazalin, N., & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon Untuk Siswa Kelas Xi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7359.

Pandaleke, M., Munzil, & Sumari. (2020). Pengembangan Media Pelajaran Kelas Flipped Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(3), 387—394. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13293.

Parno. (2015). Effect of Guided Discovery learning model in mastering of Force and Motion subject. Indosesian Journal of Applied Physics, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.13057/ijap.v5i02.276.

Pramunando, W., & Yerimadesi, Y. (2019). Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA. Edukimia, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a1.

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185.

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-modul kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan KVISOFT FLIPBOOK MAKER. Alotrop, 4(1). https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709.

Sholeha, V. (2019). Efektivitas metode guided discovery pada pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 78–83. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26680.

Suardana, I. N., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Dasar Berbasis Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 62 – 73. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.32556.

Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(3), 334–346. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340.

Ulfa, K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Efektivitas Model Guided Discovery Learning untuk Video Pembelajaran dalam Mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 267–275. https://doi.org/10.30651/must.v2i2.888.

Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448.

Yerimadesi, Y., Bayharti, B., Azizah, A., Lufri, L., Andromeda, A., & Guspatni, G. (2019). Effectiveness of acid-base modules based on guided discovery learning for increasing critical thinking skills and learning outcomes of senior high school student. In Journal of Physics: Conference Series, 1185(1), 012151. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012151.

Zaharah, & Susilowati, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Modul Elektronik Di Era Revolusi Industri 4.0. Biodik, 6(2), 39–52. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8950.

Downloads

Published

2021-08-13

Issue

Section

Articles