EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMA

Authors

  • Wa Ode Chahyani Chairunnisa Universitas Papua
  • Murtihapsari Murtihapsari Universitas Papua
  • Christiana Niken Larasati Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.38608

Keywords:

Problem Based Learning, Pandemi, Critical thinking, Learning

Abstract

Pandangan siswa yang menganggap bahwa pelajaran kimia sulit menyebabkan motivasi siswa dalam belajar kimia tidak ada, hal ini disebabkan karena karakteristik ilmu kimia yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efikasi diri dan kemandirian belajar secara parsial dan stimulan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik khususnya pada materi kesetimbangan ion dalam larutan garam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode survei yang didasarkan pada analisis regresi linear berganda. Sampel pada penelitian ini sebanyak 24 (dua puluh empat) responden yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket efikasi diri, angket kemandirian belajar, dan tes hasil belajar kimia. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian menunjukkan nilai Signifikansi yang didapat yaitu 0,000, ternyata lebih kecil dari 0,050 (Sig. = 0,000 < 0,050), sehingga dapat diambil keputusan berarti efikasi diri dan kemandirian belajar memiliki pengaruh yang signifikan secara stimulan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XIIPA pada materi kesetimbangan ion dalam larutan garam. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efikasi dan kemandirian belajar agar dapat meningkatkan hasil belajar yang baik.

Author Biographies

Wa Ode Chahyani Chairunnisa, Universitas Papua

Jurusan Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Murtihapsari Murtihapsari, Universitas Papua

Jurusan Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Christiana Niken Larasati, Universitas Papua

Jurusan Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Andriana, I., & Leonard. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Fakultas Teknik, Matematika, Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI, 5(1), 539–548. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5083.

Apriana. (2020). Sikap Sosial Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kimia Sma Berbasis Reading Questioning And Answering Dipadu Creative Problem Solving. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 4(4), 3–6. http://ejournal.unwmataram.ac.id/JIPS/article/view/372.

Bandura, A. (1994). Self-efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of human behavior. Encyclopedia of Mental Health., 4, 71–81. https://doi.org/10.1002/9781119547174.ch243.

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103–111. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2), 382–389. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78.

Chesnut, S. R., & Burley, H. (2015). Self-Efficacy as a Predictor of Commitment to the Teaching Profession: A Meta-Analysis. Educational Research Review, 15, 1–50. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.001.

Diah Fitasari, N. P., Suniasih, N. W., & Sastra Agustika, G. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening. International Journal of Elementary Education, 3(4), 404. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21313.

Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 86–101. https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1517.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

Hidayat, A., Saputro, S., & Sukardjo, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum-Hukum Dasar Kimia untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali DAN SMAN 1. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 47–56. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5701.

Indriyan, Mn., Santoso, S., & Sangka, K. B. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Bela- Jar Spreadsheet Siswa Kelas X Akuntansi Di SMK. Jurnal “Tata Arta” UNS, 5(3), 67–82.

Indriyani, N., Santoso, S., & Khresna, B. S. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar ter-hadap Prestasi Belajar Spreadsheet Siswa Kelas X Akuntansi di SMK. Jurnal Tata Arta UNS, 5(3), 67–82. https://jurnal.uns.ac.id/tata/article/view/39895.

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14133.

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108.

Khoiri, N., Huda, C., & Wiyanto, W. (2020). Building Cognitive and Affective Learning Outcomes on the Concept of Linear Motion through Ticker Timer Experiment Using Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 6(2), 268 – 282. https://doi.org/10.30870/jppi.v6i2.9006.

Li, B., & Eilks, I. (2021). A systematic review of the green and sustainable chemistry education research literature in mainland China. Sustainable Chemistry and Pharmacy, 21, 100446. https://doi.org/10.1016/j.scp.2021.100446.

Margolis, H., & McCabe, P. P. (2006). Improving self-efficacy and motivation: What to do, what to say. Intervention in School and Clinic, 41(4), 218–227. https://doi.org/10.1177/10534512060410040401.

Matsani, N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Peran Kemandirian Belajar dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 9–21. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33910.

Mohamadi, F. S., & Asadzadeh, H. (2012). Testing The Mediating Role of Teachers’ Self-Efficacy Beliefs In The Relationship Between Sources of Efficacy Information And Students Achievement. Asia Pacific Education Review, 13(3), 427–433. https://doi.org/10.1007/s12564-011-9203-8.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 219–226. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111.

Morris, D. B., Usher, E. L., & Chen, J. A. (2016). Reconceptualizing the Sources of Teaching Self-Efficacy: a Critical Review of Emerging Literature. Educational Psychology Review, 29(4), 795–833. https://doi.org/10.1007/s10648-016-9378-y.

Nazalin, N., & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon Untuk Siswa Kelas Xi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7359.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808.

Pratiwi, C., Neviyarni, N., & Solfema, S. (2018). Contribution self efficacy and independent learning math toward students’ mathematics learning outcomes. PROCEEDING | ICESST 2018 International Conferences on Educational,Social Sciences and Technology, 674–678. https://doi.org/10.29210/2018199.

Rahayu, N., W., B., Suma, K., & Arnyana, I., B., P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Kooperatif JIGSAW Berbantuan Mind Map Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Self Efficacy Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(1), 36–45. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15607.

Rahayu, I. P., Christian Relmasira, S., & Asri Hardini, A. T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369.

Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490.

Saputra, R. M. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Sistem Daring Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 840–847. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1268.

Sasmito, & Mustadi. (2015). Developing learners’ tematik-integrative worksheet based on character education for primary school students. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 7–8.

Skaalvik, E. M., & Skaalvik, S. (2014). Teacher Self-Efficacy And Perceived Autonomy: Relations With Teacher Engagement, Job Satisfaction, And Emotional Exhaustion. Psychological Reports, 114(1), 68–77. https://doi.org/10.2466/14.02.PR0.114k14w0.

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373.

Sriatun, S. (2018). Pengaruh Sikap Belajar dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas XI MIPA Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bekas. GAMEDU, 3(2), 132–141.

Suhendri, H., & Mardalena, T. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117.

Sumantri, M. S., & Pratiwi, N. (2015). The Effect of Learning Media and Types of Personality on Elementary Student’s Mathematic Performance. American Journal of Educational Research, 3(3), 276–281. https://doi.org/10.12691/education-3-3-4.

Suryani, L., Pendi, A., & B. Seto, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Geometri Dasar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 17–26. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.6010.

Sutrisno, A. B., & Yusri, A. Y. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Konsep Diri, Aktivitas Belajar, Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Indonesian Journal Of Learning Education and Counseling, 3(2), 221 – 229. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.580.

Syafari, Y., & Montessori, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1295–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872.

Downloads

Published

2021-09-16

Issue

Section

Articles