PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS(HOTS) PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK SISWA SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v6i1.40348Abstract
Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan kemampuan berfikir tingkat tinggi yang dikenalkan kurikulum 2013. HOTS mencangkup beberapa aspek, yaitu: (1) critical thinking and problem solving; (2) creativity; (3) collaboration; dan (4) communication. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan instrumen tes HOTS materi hidrokarbon yang memenuhi aspek HOTS. Penelitian ini menggunakan metode Plomp. Divalidasi oleh 2 orang Dosen Kimia FMIPA UNP dan 4 orang Guru Kimia di Sumatera Barat. Tes ini telah valid secara konten dengan nilai CVR 0.89-1.00. Nilai kappa validitas konstruk yang mencangkup materi, aspek penyajian, aspek bahasa, dan aturan lain secara berturut-turut sebesar 0.88, 0.86, 0.861, dan 0.97. Nilai reliabilitas tes sebesar 0.87 telah diujikan terhadap 32 siswa SMAN 12 Padang.
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.