Kajian: Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kimia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i2.59014Abstract
Abstrak
Pendidikan di indonesia saat ini lebih menitikberatkan pada hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran dalam kelas berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai model pembelajaran dengan berbagai keunggulan dan kekurangan, salah satunya model pembelajaran inovatif seperti Discovery Learning. Tujuan dari kajian pustaka ini mengulas pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data pada ulasan ini dikaji berdasarkan fokus model pembelajaran dengan mendeskripsikan secara singkat artikel tersebut kemudian ditarik kesimpulan. Jadi metode pada kajian ini, lebih ditekankan studi terpenting dan terkini dari literatur yang membahas model Discovery Learning. Proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain cara belajar, guru, kurikulum, metode, model dan pendekatan yang digunakan selama proses pembelajaran. Hasil kajian beberapa literatur diperoleh data bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar melalui keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yang berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Guru, Peserta didik
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.