Kajian: Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kimia

Authors

  • YUNITA PARE ROMBE UNIVERSITAS PAPUA
  • Murtihapsari Universitas Papua
  • Mulianti Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i2.59014

Abstract

Abstrak

Pendidikan di indonesia saat ini lebih menitikberatkan pada hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran dalam kelas berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai model pembelajaran dengan berbagai keunggulan dan kekurangan, salah satunya model pembelajaran inovatif seperti Discovery Learning. Tujuan dari kajian pustaka ini mengulas pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data pada ulasan ini dikaji berdasarkan fokus model pembelajaran dengan mendeskripsikan secara singkat artikel tersebut kemudian ditarik kesimpulan. Jadi metode pada kajian ini, lebih ditekankan studi terpenting dan terkini dari literatur yang membahas model Discovery Learning. Proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain cara belajar, guru, kurikulum, metode, model dan pendekatan yang digunakan selama proses pembelajaran. Hasil kajian beberapa literatur diperoleh data bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar melalui keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yang berdampak positif  terhadap  hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Guru, Peserta didik

Author Biography

YUNITA PARE ROMBE, UNIVERSITAS PAPUA

Jurusan Pendidikan Kimia

Downloads

Published

2023-11-23

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)