PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KECAKAPAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEMARAPURA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19915Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MeansEnds Analysis terhadap kecakapan matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Semarapura tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan merupakan
penelitian eksperimen semu. Populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Semarapura tahun pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari 210 siswa dan sebagai
sampel kelas eksperimen kelas VIII A dan kelas kontrol kelas VIII C. Pengumpulan
data dilakukan dengan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan
menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan 0,05,
diperoleh thitung>ttabel (3.85>2.00), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadapat kecakapan
matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semarapura tahun pelajaran 2018/2019.
Rata-rata skor kecakapan matematika siswa yang telah diberi perlakuan dikelas
eksperimen sebesar 55,4583 dan kelas kontrol sebesar 40,125.
Kata kunci: Means Ends Analysis, Kecakapan Matematika
Downloads
Published
2019-09-03
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.