PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KECAKAPAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEMARAPURA

Authors

  • Luh Putu Dian Puspita Putri
  • I Made Sugiarta Jurusan Matematika
  • Gede Suweken Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19915

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Means
Ends Analysis terhadap kecakapan matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Semarapura tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan merupakan
penelitian eksperimen semu. Populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Semarapura tahun pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari 210 siswa dan sebagai
sampel kelas eksperimen kelas VIII A dan kelas kontrol kelas VIII C. Pengumpulan
data dilakukan dengan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan
menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan 0,05,
diperoleh thitung>ttabel (3.85>2.00), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadapat kecakapan
matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semarapura tahun pelajaran 2018/2019.
Rata-rata skor kecakapan matematika siswa yang telah diberi perlakuan dikelas
eksperimen sebesar 55,4583 dan kelas kontrol sebesar 40,125.
Kata kunci: Means Ends Analysis, Kecakapan Matematika

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles