PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 SAWAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN METODE INDEX CARD MATCH (ICM)

Authors

  • I Gede Suparjana Yasa .
  • Dr. I Putu Wisna Ariawan, M.Si. .
  • Drs.Djoko Waluyo,M.Sc .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v8i2.13092

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep Matematika siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sawan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan metode Index Card Match (ICM). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sawan yang terdiri dari 23 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor motivasi belajar pada siklus I sebesar 114,78 meningkat menjadi sebesar 124,39 pada siklus II, dan meningkat menjadi sebesar 128,61 pada siklus III. Peningkatan ini dapat terjadi karena : (1) siswa didorong untuk berpartisipasi dalam pembelajaran; (2) siswa dapat menemukan konsep Matematika secara mandiri; (3) siswa tidak mudah bosan dengan kegiatan pembelajaran; serta (4) kegiatan pembelajaran meningkatkan interaksi antar siswa. Sementara, rata-rata skor pemahaman konsep pada siklus I sebesar 65,36 meningkat menjadi sebesar 72,24 pada siklus II, dan meningkat menjadi sebesar 77,39 pada siklus III. Peningkatan ini dapat terjadi karena : (1) pada tahap think siswa secara mandiri memahami konsep atau masalah dalam Matematika; (2) pada tahap talk siswa menyampaikan ide atau gagasan melalui diskusi yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir; (3) keterlibatan siswa dalam kegiatan inti mampu membuat proses penyimpanan memori pengetahuan yang diperoleh berlangsung lebih lama; serta (4) pada tahap write siswa menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi sehingga pengetahuan yang diperoleh tidak mudah dilupakan.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write, metode Index Card Match, motivasi belajar, pemahaman konsep

This research aim to know how the improvement of learning motivation and understanding of Mathematical concepts through implementation of cooperative learning model Think Talk Write (TTW) with Index Card Match (ICM) method in XI IPA 2 Class at SMA Negeri 1 Sawan. This research is Classroom Action Research (CAR) in three cycles. The subject of this research is students of XI IPA 2 Class at SMA Negeri 1 Sawan that consist of 23 students. The data was gathered by using questionnaire and test. The result show that average score of learning motivation in the first cycle as 114,78 increase become as 124,39 in the second cycle, and increase become as 128,61 in the third cycle. That improvement can be achieved because of : (1) the students forced to participate in learning activity; (2) the students could find Mathematical concepts independently; (3) the students did not easily bored in learning activity; and also (4) learning activity improved the interaction between the students. Meanwhile, average score of understanding of Mathematical concepts in the first cycle as 65,36 increase become as 72,24 in the second cycle, and increase become as 77,79 in the third cycle. That improvement can be achieved because of : (1) the students understood independently the concepts or problems in Mathematics on phase of Think; (2) the students gave ideas through discussion on phase of Talk that could improve their thinking ability; (3) the involvement of students in main activity could make the memory storing process of the knowledge lasts longer; and also (4) the students wrote conclusion of discussion results on phase of Write so that the knowledge not easily to forget.
keyword : Cooperative Learning Model Think Talk Write, Index Card Match method, learning motivation, understanding of Mathematical concepts

Published

2018-01-23

Issue

Section

Articles