PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANGLI

Authors

  • Ida Ayu Gede Sri Wahyuni
  • I Nyoman Sukajaya Jurusan Matematika
  • Ni Made Juniantari Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19919

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICARE
berbantuan multimedia interaktif terhadap prestasi belajar matematika siswa, serta
memberikan alternatif dalam memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkan
prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu
dengan desain penelitian adalah Post Test Only Control Group. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Bangli tahun ajaran 2018/2019. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII D yang diambil dengan
menggunakan teknik cluster random sampling. Data prestasi belajar matematika
siswa diukur menggunakan tes prestasi belajar matematika berbentuk uraian yang
diberikan di akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah
matematika dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf siginifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa = 2,1086 > = 0,0630
tabel
t
hitung
t sehingga 0 H
ditolak. Ini berarti bahwa prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan
menggunakan menggunakan ICARE berbantuan multimedia interaktif lebih baik
daripada prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran
konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran ICARE berbantuan multimedia interaktif terhadap prestasi belajar
matematika siswa.
Kata kunci: model pembelajaran ICARE, multimedia interaktif, prestasi belajar
matematika.

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles