PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING CONCEPT MAP COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Authors

  • N. N. T Tesashogi
  • Ni Made Sri Mertasari Jurusan matematika
  • I Gusti Ngurah Pujawan Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19928

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reading concept
map cooperative script (Remap CS) terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest
only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik random sampling untuk memperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian. Data
pemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan melalui tes berbentuk uraian yang
diberikan di akhir penelitian. Dari data post-test diperoleh rata-rata pemahaman konsep
matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Remap CS
adalah 75,52 dan rata-rata pemahaman konsep matematika yang mengikuti
pembelajaran konvensional adalah 65. Dari hasil analisis menggunakan uji-t satu ekor
dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai = 3,322 dan
= 1,999, sehingga
>
. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang
mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Remap CS lebih tinggi daripada
pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Dengan kata lain model pembelajaran Remap CS berpengaruh positif terhadap
pemahaman konsep matematika siswa.
Kata kunci: model pembelajaran reading concept map cooperative script, pemahaman
konsep matematika, pembelajaran konvensional

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles