PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIBELAJARKAN JENIS MASALAH MATEMATIKA TERBUKA DAN TERTUTUP

Authors

  • I Putu Darma Putra .
  • Prof. Dr.I Gusti Putu Suharta,M.Si .
  • Dra.Ni Nyoman Parwati,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.2816

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberikan jenis masalah matematika terbuka dan siswa yang diberikan jenis masalah matematika tertutup pada pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah desain berimbang (counterbalanced Design), yaitu pada setengah masa eksperimen dilakukan pertukaran perlakuan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa Singaraja tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 81 orang yang dibagi menjadi 3 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling terhadap kelas yang ada. Tahap pertama kelas VA diberikan masalah matematika terbuka dan kelas VC diberikan masalah matematika tertutup. Tahap kedua kelas VC diberikan masalah matematika terbuka dan kelas VA diberikan masalah matematika tertutup. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan menggunakan pos tes berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda yang diberikan pada akhir dari tahap pertama dan tahap kedua. Analisis data menggunakan uji-t dua ekor pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberikan jenis masalah matematika terbuka dengan siswa yang diberikan jenis masalah matematika tertutup pada pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Kata Kunci : prestasi belajar, jenis masalah matematika dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

This study was aimed at finding out whether there was difference in mathematics learning achievement among the students who were taught by giving opened mathematical problems and closed mathematical problems in cooperative learning model using STAD. This study was quasi-experimental research. This research used is counterbalanced design. The population was the fifth grade students of SD Negeri 3 Banjar Jawa, Singaraja in the academic year 2013/2014, which altogether consist of 81 students. The process of selecting the sample was done by implementing random sampling technique and VA class was chosen as the first experiment group while VC class as the first control group. The data of students’ learning achievement were collected by using multiple choice tests, and they were analyzed by using two ways t-test with the significance degree 0.05. The result of the research showed that there was difference in learning achievement among the students who were taught by giving opened mathematical problems and closed mathematical problems in cooperative learning model using STAD.
keyword : learning achievement, mathematical problems type, cooperative learning model using STAD

Published

2014-03-06

Issue

Section

Articles