PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i2.33399Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP IT Putri Wahdah Islamiyah Makassar, serta pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Ex post facto, dengan jumlah sampel sebanyak 88 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa. (1) Gambaran kepercayaan diri peserta didik tergolong dalam kategori sedang karena dari 88 responden (61,36%) berada pada interval skor (86-102); (2) Gambaran hasil belajar matematika peserta didik tergolong dalam kategori sedang karena dari 88 responden (70,45%) berada pada interval skor (44-66); (3) Terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP IT Putri Wahdah Islamiyah Makassar dengan nilai sebesar 67,3%.
Abstract
This research aims to determine the confidence and learning outcomes of grade VIII students SMP IT Putri Wahdah Islamiyah Makassar, and knowing the effect of self-confidence on the mathematics learning outcomes. This study used theresearch method ex post facto, with a total sample of 88 students. The data collection techniques used were tests and questionnaires. While the data analysis technique used a simple linear regression test. In this study, the results obtained. (1) An overview of the students' confidence is in the moderate category because 88 respondents (61.36%) are in the score interval (86-102); (2) The description of the mathematics learning outcomes is in the moderate category because 88 respondents (70.45%) are in the score interval (44-66); (3) There is an effect of self-confidence on the mathematics learning outcomes of class VIII students of SMP IT Putri Wahdah Islamiyah Makassar with a value of 67.3%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.