PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMK

Authors

  • Komang Putra Astrawan .
  • Drs.I Made Sugiarta,M.Si .
  • Dra.Ni Made Sri Mertasari, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.4002

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian semu dengan desain penelitian Post-test Only Control Design. Populasi dalam penelitian merupakan siswa SMKN 2 Singaraja yang tersebar ke dalam 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling sehingga didapatkan 2 kelas sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen merupakan kelompok yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures, sedangkan kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran matematika secara konvensional. Data dalam penelitian ini merupakan skor kemampuan komunikasi matematika yang dikumpulkan melalui tes esai. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t satu arah dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.
Kata Kunci : kemampuan komunikasi matematika, Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures, pembelajaran konvensional

This study aimed to determine the difference of application of Conceptual Understanding Procedures Learning concerning students mathematical communication ability. This research is a quasi-experimental with Post-test Only Control Design. Population in this research are the students of SMKN 2 Singaraja spreads in 3 classes. Sampling was determined by random sampling to obtain 2-sampling classes, experimental group and control group. The experimental group is the learning group by using Conceptual Understanding Procedures learning model, while the control group using mathematical conventional learning. The data in this research is mathematical communication ability scores that collected through essay test. The data were analyzed using one tailed t-test with a significance level about 5%. The result showed that the mathematical communication ability of students who learned by using Conceptual Understanding Procedures learning is higher than the students who learned by using conventional learning. It can be conclude that the Conceptual Understanding Procedures learning provide positive effect on the students mathematical communication ability.
keyword : mathematical communication ability, Conceptual Understanding Procedures learning, mathematical, conventional learning

Published

2014-08-18

Issue

Section

Articles