PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL IKRAR BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN

Authors

  • Ni Kadek Pipin Asri Udiyani .
  • Prof. Dr. Phill.I Gst. Putu Sudiarta, .
  • Dr.Gede Suweken,M.Sc .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.4010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) meningkatkan motivasi belajar matematika siswa 2) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dan 3) mendeskripsikan proses peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model IKRAR berbantuan video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Banyuasri tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 orang. Data motivasi belajar matematika siswa diukur dengan angket motivasi, data prestasi belajar matematika siswa diukur dengan tes uraian, dan data proses peningkatan motivasi belajar matematika siswa diamati dengan lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor motivasi belajar matematika siswa telah mengalami peningkatan yaitu 51,96 saat sebelum pemberian tindakan menjadi 77,18 pada akhir pemberian tindakan. Rata-rata skor prestasi belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus III, dimana pada siklus I rata-rata skor prestasi belajar matematika siswa adalah 50,78 selanjutnya meningkat menjadi 81,15 pada siklus II kemudian terjadi peningkatan kembali pada siklus III menjadi 82,125. Peningkatan rata-rata skor prestasi belajar matematika siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan. Rata-rata skor proses motivasi belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan yaitu 37,37 pada siklus III yang tergolong dalam kategori baik.
Kata Kunci : IKRAR, Video, Motivasi, Prestasi, Matematika

This study aimed at: 1) increasing the students’ mathematical learning motivation 2) increasing the students’ mathematical learning achievement and 3) describing the procces of increase of the students’ mathematical learning motivation due to implementation of IKRAR model aided with learning video. This study was a three cycles classroom action research, each cycle consist of planning, action, observation and evaluation, as well as reflection . The subject of this research is the 5th grade students of SD Negeri 1 Banyuasri in the academic year 2013/2014 which altogether consisted of 32 students. Data of students’ mathematical learning motivation were collected using questionnaire, data of students’ mathematical learning achievement were collected by using essay test, and the process of increase of the students’ mathematical learning motivation is observed using observation sheet. The data is analyzed descriptively. The results of this research showed that the average scores of students’ mathematical learning motivation increased from 51,96 to 77,18. The average scores of students’ mathematical learning achievement is also increased from first cycle to third cycle, where in first cycle the average scores of students’ mathematical learning achievement is 50,78 then increased 81,15 in second cycle and 82,125 in third cycle. The increase of average scores of students’ mathematical learning achievement was satisfied the success indicators. The average score of procces of increase the students’ mathematical learning motivation increased too, that is 37,37 in third cycle which belonged to “good” category.
keyword : IKRAR, Video, Motivation, Achievement, Mathematic

Published

2014-08-18

Issue

Section

Articles