Self-Regulated Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Era Covid-19

Authors

  • Meri Meri Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Jihad Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tika Karlina Rachmawati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.41344

Abstract

Dasar dari penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan matematis siswa khususnya pada kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui self-regulated learning dan kemampuan komunikasi matematis pada era covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini ialah kelas VIII dansampel dipilih dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu soal kemampuan komunikasi matematis dan angket self-regulated learning. Perolehan pada hasil diantaranya nilai korelasi dari self-regulated learning dan kemampuan komunikasi matematis pada era covid-19 sebesar 0,041. Adapun besarnilai koefisien determinan antara self-regulated learning dan kemampuan komunikasi matematis adalah 0,002. Hal ini menunjukkan bahwa self-regulated learning tidak berpengaruh padakemampuan komunikasi matematis pada era covid-19. 

Kata kunci: Self-Regulated Learning, Komunikasi Matematis, Covid-19.

Downloads

Published

2022-05-13