PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i2.44530Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik interaktif berorientasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi SPLDV. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 1 Denpasar. LKPD ini dikembangkan berdasarkan 3 tahapan pada model 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Kualreitas dari LKPD yang dikembangkan pada penelitian ini dilihat dari 3 aspek yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Validitas LKPD diperoleh hasil validitas sebesar 0,80 untuk indeks Aiken validasi ahli media dan indeks Aiken sebesar 0,90 untuk hasil validitas ahli materi, ini berarti LKPD yang dikembangkan termasuk kategori sangat valid. Kepraktisan LKPD diperoleh hasil untuk rata – rata skor angket respons peserta didik sebesar 3,53 dan rata – rata skor angket respons guru terhadap LKPD yaitu sebesar 3,6 dari maksimal skor 4, ini berarti LKPD yang dikembangkan termasuk kategori sangat praktis, sedangkan untuk keefektifan diperoleh hasil untuk rata – rata skor pre-test dan post-test diperoleh rata – rata N-Gain sebesar 0,79, ini berarti LKPD yang dikembangkan termasuk kategori efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD Interaktif berorientasi pendekatan saintifik dinyatakan layak dan mendapat respon yang baik, sehingga mampu diterapkan dalam pembelajaran matematika pada materi SPLDV kelas VIII untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Kata kunci: LKPD, Model 4-D, SPLDV, Kemampuan berpikir kritis
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.