Implementasi Bahan Ajar Berbasis Masalah Kontekstual Berbantuan Software Statistika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Pasek Suryawan Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.47073

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis masalah kontekstual berbantuan software statistika terhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah statistika nonparametric. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi ekperimen dengan rancangan post-test only group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Program Studi S1 Pendidikan Matematika. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan cluster random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar. Data hasil belajar dianalisis menggunakaan uji t-independent  dengan tarafk signifikan 5%. Berdasrkan hasil analisis diperoleh thitung= 2.809 > ttabel = 1.678 dengan demikian hipotesis nol dapat ditolak, yang bermakna hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah kontekstual berbantuan software statistika lebih baik daripada mahasiswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar konvensional

Downloads

Published

2022-05-13