MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v3i1.5579Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran berbasis GeoGebra yang valid, praktis, dan efektif bagi siswa Sekolah Dasar kelas IV. Pengembangan media pembelajaran berbasis GeoGebra ini menggunakan model pengembangan four-D yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) tahap define, (2) tahap design, (3) tahap develope, dan (4) tahap disseminate. Namun, karena keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki peneliti, maka penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap ketiga yaitu tahap develop. Berdasarkan hasil uji validitas, diperoleh rata-rata skor validator adalah 3,73. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis GeoGebra memenuhi kriteria valid. Kepraktisan media pembelajaran berbasis GeoGebra ini diukur melalui angket respon siswa dan angket respon guru. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh persentase respon siswa adalah 88,41% dan persentase respon guru adalah 96%, sehingga media pembelajaran berbasis GeoGebra yang dikembangkan dalam penelitian ini telah tergolong dalam kategori sangat praktis. Efektivitas media pembelajaran berbasis GeoGebra diukur melalui tes prestasi belajar. Sesuai hasil tes yang diperoleh, pada siklus I persentase siswa yang dinyatakan tuntas adalah 82,76% dan pada siklus II persentase siswa yang dinyatakan tuntas adalah 86,21%. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran berbasis GeoGebra ini sudah dikatakan efektif karena lebih dari 80% siswa di kelas uji coba telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil uji tersebut, telah diperoleh media pembelajaran berbasis GeoGebra yang valid, praktis, dan efektif, dengan karakteristik eksploratif, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, menarik dan mudah digunakan dalam pembelajaran operasi hitung bilangan bulat.Kata Kunci : Media Pembelajaran GeoGebra, Valid, Praktis, Efektif, Prestasi Belajar
This research aimed at creating GeoGebra based learning media that was valid, practical and effective for Primary Students of Grade IV. The development of GeoGebra based learning media used four-D model consisting of four phases, i.e. (1) define, (2) design, (3) develope, and (4) disseminate. However, due to time and financial restriction, this research was conducted until the third phase, that was developing phase. Based on the result of validity test, the average score of validator was 3,73. This result showed that GeoGebra based learning media had been valid. Practicality of GeoGebra based learning media was measured through student questionnaire responses and the questionnaire responses of teachers. The result showed that the student-response percentage was 88,41% and the percentage of teachers’ responses was 96%, thus GeoGebra based learning media was highly practical. The effectiveness of GeoGebra based learning media was measured through achievement test. Based on the result of achievement test, the percentage of students who were passed in the first cycle was 82.76% and in the second cycle was 86.21%. This result indicated that GeoGebra based learning media was effective since more than 80% students were passed the test. According to the result of this test, a GeoGebra based learning media is valid, practical and effective with the following characteristic: explorative, simple and easy to understand language, and easy to use in teaching aritmhatic of integer.
keyword : learning media GeoGebra, valid, practical, effective, learning achievement
Published
2015-07-29
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.