PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE MATEMATIKA DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 4 SINGARAJA

Authors

  • Nyoman Tiya Martini .
  • Dra. Gst. Ayu Mahayukti,M.Si .
  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan, S.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v3i1.5902

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran pemanfaatan software matematika dalam model problem based learning lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian adalah Post Test Only Control Group Design. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X MIA SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 yang diambil menggunakan teknik random sampling. Data dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika yang dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian. Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung=2,8794 dan ttabel = 1,6632 sehingga diperoleh nilai t_hitung>t_tabel berdasarkan hal tersebut H_0 ditolak. Hal ini berarti bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pemanfaatan software matematika dalam model problem based learning lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan kata lain ada pengaruh positif pemanfaatan software matematika dalam model problem based learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Kata Kunci : Software Matematika, Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Matematika

This study aimed to determine whether the mathematical conceptual understanding of students who learned by the utilization of mathematical software on problem based learning model was better than those who learned by the conventional learning. The study was a quasi-experiment and used a Post Test Only Control Group Research Design. The population of this research was the 10th grade students of mathematic and science SMA Negeri 4 Singaraja in the academic year 2014/2015. The samples of this research were class X MIA 1 and X MIA 2 which taken using random sampling technique. The data of this research was students mathematical conceptual understanding which collected by essay test and analyzed by using one tail independent t-test with significance level of 5%. The results showed that tscore = 2,8794 was greater than ttable = 1,6632. It means that the Null Hypothesis must be rejected. So, It can be concluded that the mathematical conceptual understanding of students who learned by the utilization of mathematical software on problem based learning model was better than those who learned by conventional learning. In the other words, there is a positive effect of the utilization of mathematical software on problem based learning model for the mathematical understanding concepts of students
keyword : Mathematical Software, Problem Based Learning Model, Mathematical Conceptual Understanding

Published

2015-08-07

Issue

Section

Articles