OPTIMALISASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERPENDEKATAN PRESTASI BELAJR MATEMATIKA SISWA KELAS 8A7 SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Dewi Satiawati SMP Negeri 1 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i1.59837

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk perbaikan pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Adapun alur atau prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mengikuti rancangan oleh Hopkin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8A7 yang belajar pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yaitu sebanyak 33 siswa. Data pada penelitian ini yaitu berupa hasil belajar siswa diperoleh melalui tes prestasi belajar, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan yang diusulkan tercapai per siklus yaitu pada siklus I prestasi belajar siswa mencapai nilai rata-rata 77 dengan ketuntasan belajar sebesar 80 % dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 77 atau lebih dengan ketuntasan belajar minimal 80%. Pada siklus I, dari 33 orang siswa ada 8 (24,2%) siswa yang memperoleh penilaian belum sesuai KKM, dan ada 25 (75,8%) yang memperoleh penilaian diatas KKM. Kemudian, pada siklus II hasil yang diperoleh sudah melebihi tuntutan indikator keberhasilan penleitian yaitu peserta didik sudah mencapai 100% dengan rata-rata kelas mencapai 83,6.

Downloads

Published

2023-04-14