Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Belajar Pola Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i2.61266Abstract
Kesulitan yang dihadapi peserta didik dapat mempengaruhi minat dan hasil belajar peserta didik dalam belajar matematika. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian deskripsi kesulitan yang dihadapi peserta didik kelas VIII dalam belajar pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling. Subjek penelitian yang terpilih adalah 7 peserta didik kelas VIII-E di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap TA 2020/2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik dalam menyelesaikan soal pola bilangan yaitu (1) menentukan pola dan struktur untuk mendeteksi keteraturan, (2) merumuskan generalisasi dari dugaan tentang keteraturan yang diobservasi, (3) membangun dan mengevaluasi argumen matematika, dan (4) keterbatasan kegiatan pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yesy Chrisnawati, Fika Widya Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.