PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK DARI TEMAN SEJAWAT TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KERAMBITAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v3i1.6313Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan umpan balik dari teman sejawat dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan umpan balik dari guru. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kerambitan tahun ajaran 2015/2016. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling yang berjumlah 40 siswa. Data aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa diperoleh dari pengamatan setiap pertemuan dengan lembar observasi dan tes uraian yang diberikan di akhir penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil analisis menunjukkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran pemberian umpan balik dari teman sejawat dan siswa yang mengikuti pembelajaran pemberian umpan balik dari guru(F=71,384 dan Sig.=0,000Kata Kunci : umpan balik teman sejawat, umpan balik dari guru, aktivitas belajar matematika, prestasi belajar matematika.
This research was aimed to know the difference of learning activities and learning achievement mathematics between students who learned with peer feedback and students who learned with teacher feedback learning. This research used post-test only control group design. The population of this research were all students of class XI MIPA SMA Negeri 1 Kerambitan in academic year 2015/2016. Samples were 40 students selected by using random sampling technique. Data of learning activities obtained through observation every time meeting in the class and data of learning achievement obtained from essay test that given to students at the end of the study. The data was analyzed by using MANOVA test. The result showed: first, there is a significant difference of learning activities and learning achievement between students who learned with peer feedback and students who learned with teacher feedback learning (F=71,384 and Sig.=0,000
keyword : peer feedback, teacher feedback, learning activities, learning achievement
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.