PENGARUH STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v4i1.7159Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2015/2016. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data kemampuan komunikasi matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika, sedangkan data pemahaman konsep matematika dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji MANOVA dan ANAVA satu jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan kemampuan komunikasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional (F=53,058 dan Sig.=0,000;p<0,05); kedua, terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional (F=4,807 dan Sig.=0,031;p<0,05); ketiga, terdapat perbedaan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional (F=27,387 dan Sig.=0,000;p<0,05);. Dengan demikian strategi REACT berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematika siswa.Kata Kunci : strategi REACT, pembelajaran konvensional, kemampuan komunikasi matematika, pemahaman konsep matematika
This research was aimed to know the difference of mathematics communication ability and mathematical concepts understanding between students who learned with REACT strategy and students who learned with conventional learning. This research used post-test only control group design. The population of this research were all students of class XI MIPA SMA Negeri 4 Singaraja in academic year 2015/2016. Sample was selected by using cluster random sampling technique. The data of mathematics communication ability were collected by mathematics communication ability test type. In the other hand, The data of mathematical concepts understanding were collected by mathematical concepts understanding test type. The data was analyzed by using MANOVA test and ANOVA one way. The result showed: first, there was difference of mathematics communication ability between students who learned with REACT strategy and students who learned with conventional learning (F=53,058 and Sig.=0,000;p<0,05); second, there was difference of mathematical concepts understanding between students who learned with REACT strategy and students who learned with conventional learning (F=4,807 and Sig.=0,031;p<0,05); third, there is a significant difference of mathematics communication ability and mathematical concepts understanding between students who learned with REACT strategy and students who learned with conventional learning (F=27,387 and Sig.=0,000;p<0,05);. Therefore, can be concluded that REACT strategy give positive effect to mathematics communication ability and mathematical concepts
keyword : REACT strategy, conventional learning, mathematical concepts understanding, mathematics communication ability
Published
2016-06-23
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.