Pengaruh Evaluasi Diri Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dan Self Efficacy Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada

Authors

  • Ni Made Rasminiati .
  • Dra.Ni Made Sri Mertasari, M.Pd .
  • Drs.I Made Sugiarta,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v5i2.8164

Abstract

Penelitian semu ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika dan self efficacy antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan evaluasi diri dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only control group design. Populasi penelitan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian dipilih dengan teknik random sampling, sebelum memilih dua kelas secara acak dilakukan uji kesetaraan dengan menggunakan ANAVA satu jalur untuk mengetahui bahwa populasi setiap kelas setara. Data skor prestasi belajar matematika siswa diperoleh melalui tes yang berbentuk uraian dan skor self efficacy siswa diperoleh melalui angket. Analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika dan self efficacy antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan melakukan evaluasi diri dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 58,052 dan Sig = 0,000 ;p < 0,05); kedua, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan melakukan evaluasi diri dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 77,183 dan Sig = 0,000 ;p < 0,05); ketiga, terdapat perbedaan self efficacy antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan melakukan evaluasi diri dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 54,669 dan Sig = 0,000 ;p < 0,05). Dengan demikian, pembelajaran dengan melakukan evaluasi diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika dan self efficacy siswa.
Kata Kunci : Kata kunci: evaluasi diri, prestasi belajar matematika, self efficacy

This quasi research was aimed to know the differences mathematics learning achievement and self efficacy between students who learned with self evaluation and students who learned with conventional learning. This research used post-test only control group design. The population of this research was students of VII of SMP Negeri 1 Sukasada in academic year 2015/2016. Samples was selected by random sampling technique, before choosing two classes of random testing should be performed using ANOVA one way equality test of the similar population. Data of mathematics learning achievement was collected through test and data of self efficacy was collected through questionnaires. The data was analyzed by using MANOVA test. The data analysis found that; first, there was differences mathematics learning achievement and self efficacy between students who learned with self evaluation and students who learned with conventional learning (F = 58,052 dan Sig = 0,000 ;p < 0,05); second, there was differences mathematics learning achievement between students who learned with self evaluation and students who learned with conventional learning (F = 77,183 dan Sig = 0,000 ;p < 0,05); third, there was differences self efficacy between students who learned with self evaluation and students who learned with conventional learning (F = 58,052 dan Sig = 0,000 ;p < 0,05). Therefore, can be concluded that learned with self evaluation give positive effect to mathematics learning achievement and self efficacy.
keyword : Keywords: self evaluation, mathematics learning achievement, self efficacy

Published

2016-08-02

Issue

Section

Articles