PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v8i2.13085Abstrak
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy matematika secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (3) self-efficacy siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan post test only control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data kemampuan pemecahan masalah siswa dikumpulkan dengan menggunakan test kemampuan pemecahan masalah bentuk uraian dan data self-efficacy siswa dikumpulkan dengan menggunakan nontest berupa angket self-efficacy matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik Hotelling’s Trace pada MANOVA dan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F=5.684 dan Sig.=0,005; p<0,05). Kedua, Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (thitung=2.9904). Ketiga, self-efficacy matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (thitung=2.0764). Dengan demikan pendekatan matematika realistik berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa.Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-efficacy
Abstract The aims of this study were: (1) the difference of problem-solving skills and self-efficacy simultaneously between student studied with Realistic Mathematic approach and conventional learning, (2) problem-solving skills student studied with Realistic Mathematic approach was better than problem-solving skills student studied with conventional learning, (3) self-efficacy student studied with Realistic Mathematic approach was better than self-efficacy student studied with conventional learning. The population of this study was tenth grade students in SMK Negeri 2 Singaraja. This study used quasi experiment with the research post test control only design. The sample of this study was done by cluster random sampling technique. The data of student’s problem-solving skill was collected by using test’s problem-solving skill in the form of essay test. The data of student’s self-efficacy was collected through questionnaire’s self-efficacy. All the data were analyzed based on MANOVA test and independent t-test. The result of this study showed that, (1) there was a difference in problem-solving skills and self-efficacy simultaneously between students studied with Realistic Mathematic approach and conventional learning (F=5.684 dan Sig.=0,005; p<0,05). (2) problem-solving skills student studied with Realistic Mathematic approach was better than problem-solving skills student studied with conventional learning (thitung=2.9904), (3) self-efficacy student studied with Realistic Mathematic approach was better than problem-solving skills student with conventional learning (thitung=2.0764). Therefore, Realistic Mathematic approach has effect towards problem-solving skill and self-efficacy in student’s mathematics learning.
keyword : Mathematic Realistic Approach, Problem-Solving Skill, Self-Efficacy
Diterbitkan
2018-01-23
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.