PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KEYAKINAN DIRI DALAM BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MELAYA

Penulis

  • Mas Ayu Putu Yoga Wisudawati
  • I Made Candiasa Jurusan Matematika
  • I Putu Pasek Suryawan Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19887

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keyakinan diri dalam belajar matematika
siswa yang mengikuti pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi dari pada keyakinan diri dalam belajar
matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini dikategorikan sebagai
eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian post-test only control group design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Melaya semester ganjil tahun
ajaran 2017/2018 sebanyak 189 siswa yang terdistribusi ke dalam 5 kelas. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai
kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data keyakinan diri dalam belajar
matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket keyakinan diri dalam belajar
matematika. Data keyakinan diri dalam belajar matematika dianalisis dengan menggunakan uji Mann-
Whitney satu pihak pada taraf signifikan 5%, karena data keyakinan diri dalam belajar siswa
kelompok eksperimen tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keyakinan diri
dalam pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Melaya yang mengikuti pembelajaran
dengan model pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi daripada keyakinan diri dalam belajar
matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran tutor sebaya berpengaruh positif terhadap keyakinan diri dalam belajar
matematika siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Tutor Sebaya, Keyakinan Diri

Diterbitkan

2019-09-03

Terbitan

Bagian

Articles