PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 SAWAN

Penulis

  • I Putu Agus Dipa Prayatna
  • I Gusti Putu Sudiarta Jurusan Matematika
  • I Nyoman Gita Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19894

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi bealajar matematika
siswa Kelas VIIID SMP Negeri 2 Sawan setelah diterapkan pembelajaran matematika
berbantuan video tutorial. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
yang melibatkan subjek seluruh siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Sawan pada
semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus,
di mana masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data minat belajar siswa dikumpulkan dengan
menggunakan angket dan data prestasi belajar siswa menggunakan tes berbentuk
uraian. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor minat belajar siswa mengalami
peningkatan. Rata-rata skor minat belajar siswa dari 51,67 (kategori cukup positif)
pada refleksi awal mengalami peningkatan menjadi 59,28 (kategori positif) pada
siklus I, 64,71 (kategori sangat positif) pada siklus II, dan 66,53 (kategori sangat
positif) pada siklus III. Rata – rata skor minat belajar siswa pada siklus III berada
pada kategori sangat positif. Untuk prestasi belajar matematika rata-rata skor prestasi
belajar siswa dari 27,54 pada refleksi awal mengalami peningkatan menjadi 61,93
pada siklus I, 69,67 pada siklus II, dan 77,66 pada siklus III. Ini menunjukkan bahwa
prestasi belajar siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan, yaitu pada siklus III
skor siswa memenuhi minimal KKM 70 dan 75% siswa berada pada kategori tuntas.
Peningkatan minat dan prestasi belajar siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Sawan
terjadi karena siswa sudah mampu mengikuti setiap tahapan pembelajaran dengan
menggunakan video tutorial. Selain itu, proses belajar siswa terhadap penerapan
pembelajaran berbantuan video tutorial dalam setiap pertemuan mengalami
peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan
pembelajaran matematika berbantuan video tutorial dapat meningkatkan minat dan
prestasi belajar siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Sawan.
Kata kunci: Video Tutorial, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Diterbitkan

2019-09-03

Terbitan

Bagian

Articles