PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE,CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIIII SMP NEGERI 1 BANJAR

Authors

  • Ni Putu Erin Febri Astuti
  • Gede Suweken Jurusan Matematika
  • Djoko Waluyo Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19901

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and
Share (SSCS) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen
semu dengan post-test only control group design. Populasi penelitan ini adalah siswa Kelas VIII SMP
Negeri 1 Banjar tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik cluster random sampling. Kemudian dilakukan uji kesetaraan sampel menggunakan uji Anava.
Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh melalui tes uraian. Analisis data menggunakan ujit
satu ekor yaitu ekor kanan, dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh ratarata
skor pemahaman konsep matematika kelas eksperimen adalah 33.17 sedangkan pada kelas kontrol
adalah 27.79. Hasil pengujian dengan uji-t diperoleh nilai thitung = 3,10 dan ttabel = 1,98, sehingga thitung >
ttabel, dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran
dengan model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) lebih baik dari pemahaman konsep matematika
siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Jadi kesimpulannya adalah
model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berpengaruh positif terhadap
pemahaman konsep matematika siswa.
Kata kunci: model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS),
pembelajaran konvensioal, pemahaman konsep matematika.

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles