PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAWAN

Penulis

  • Putu Yulia Paramita
  • I Gusti Putu Suharta Jurusan Matematika
  • I Nyoman Gita Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19910

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model experiential learning
terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen semu dengan rancangan post test only control group design.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawan tahun pelajaran
2018/2019 sebanyak 10 kelas dengan jumlah siswa 306 orang. Uji kesetaraan
menggunakan uji ANAVA dan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling.
Data motivasi belajar matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket
motivasi belajar dan data prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan dengan
menggunakan tes prestasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji
MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan
bahwa: (1) terdapat perbedaaan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa yang
mengikuti pembelajaran dengan model experiential learning dengan siswa yang
mengikuti pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaaan motivasi belajar
matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model experiential learning
dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; dan (3) terdapat
perbedaaan prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
model experiential learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran
konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model experiential
learning berpengaruh positif terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika.
Kata kunci : model experiential learning, prestasi belajar matematika, motivasi
belajar matematika.

Diterbitkan

2019-09-03

Terbitan

Bagian

Articles