PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE BERBANTUAN MASALAH MATEMATIKA TERBUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIIISMPLABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Authors

  • N.Yaditya Permana Yasa
  • I Wayan Puja Astawa jurusan matematika
  • I Gusti Putu Sudiarta Jurusan matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19921

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICARE berbantuan masalah matematika terbuka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian adalah Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 98 orang danterdistribusi ke dalam 4 kelas.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-4 yang diambil menggunakkan teknik cluster random sampling. Data kemampuan pemecahan masalah matematika dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tes uraian serta diberikan di akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf siginifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitun=3,3996>ttabel=2,0117sehingga H0 ditolak. Ini berarti, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ICARE berbantuan masalah matematika terbuka lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ICARE berbantuan masalah matematika terbuka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Kata kunci: model pembelajaran ICARE, masalah matematika terbuka, pemecahan masalah matematika

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles