PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B SMP N 7 SINGARAJA

Penulis

  • P. Novi Periandani
  • I Nyoman Gita Jurusan Matematika
  • sariyasa sariyasa Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19979

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII B SMPN 7 Singaraja melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, (2) peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII B SMPN 7 Singaraja melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, dan (3) tanggapan siswa kelas VIII B SMPN 7 Singaraja terhadap model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMPN 7 Singaraja sebanyak 32 orang siswa. Data motivasi siswa dikumpulkan menggunakan angket motivasi, data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar, dan tanggapan siswa dikumpulkan menggunakan angket tanggapan siswa. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan dan rata-rata skor tanggapan siswa telah berada dalam katagori positif.

Kata kunci:       Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar   Matematika, Prestasi Belajar Matematika

Diterbitkan

2019-09-03

Terbitan

Bagian

Articles