PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v11i1.24313Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Kubu semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A sebanyak 46 orang. Data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes dalam bentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dilihat dari rata-rata hasil belajar pada refleksi awal terjadi peningkatan pada siklus I dari 63,48 sebesar 14,93 (23,52%) menjadi 78,41 dengan peningkatan ketuntasan klasikal dari 65,22% meningkat sebesar 8,69% menjadi 73,91%. Dilihat dari perbandingan hasil post-test hasil belajar pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 6,37 (8,12%) dengan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 17,39%.
Kata Kunci : Kooperatif Think Talk Write, hasil belajar
Abstract
This study aimed to know the improvement of student learning outcomes in IX A clsss of SMP Negeri 2 Kubu in semester genap at 2018/20189academic year by applying the cooperative learning model Think Talk Write. This research is a classroom action research consists of two cycles. Each cycle consists of planning, conducting, evaluating observations, and reflection. The subjects of this study were 46 students of IX A class. Data about student learning outcomes collected through tests in the form of a description. Data analyzed by descriptive analysis. The Cooperative Learning Model Think Talk Write, can improve students` mathematics learning outcomes. The average learning outcomes in the initial reflection an increase in the first cycle from 63,48 amounted to 14,93 (23,52%) to 78,41 with an increase in classical completeness from 65,22% increased by 8,69% to 73,91%. The results of the post-test learning outcomess in the first cycle and second cycle an increase of 6,37 (8,12%) with an increase in classical completeness of 17,39%.
Key words : Cooperative Think Talk Write, learning outcomes
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.