PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FORMULATE SHARE LISTEN CREATE BERBANTUAN LKS OPEN-ENDED TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v11i1.24316Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Formulate Share Listen Create (FSLC) berbantuan LKS Open-Ended terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan desain penelitian ini adalah post-test only control group. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Singaraja tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII B yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pemahaman konsep matematika siswa diukur pada akhir penelitian dengan menggunakan tes berbentuk soal uraian. Data berupa skor pemahaman konsep matematika dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor. Uji Lilliefors dan uji Levene menunjukkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Karena uji asumsi telah terpenuhi, maka uji-t dapat dilakukan dan berdasarkan hasil perhitungan didapatkan nilai t_hitung = 2,093 dan dengan taraf signifikansi 5% dan db = 64, diperoleh nilai t_tabel = 1,998, dengan demikian, berdasarkan kriteria pengujian t_hitung > t_tabel sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model FSLC berbantuan LKS Open-Ended lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran FSLC berbantuan LKS Open-Ended berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Kata kunci: pemahaman konsep matematika, model pembelajaran Formulate Share Listen Create, LKS Open-Ended, model pembelajaran STAD.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.