Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v11i2.24967Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui seberapa jauh peningkatan prestsi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial SMAN 2 Singaraja setelah diterapkan pendekatan hybrid learning; (2) Mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa kelas XI IPS 1 dengan menggunakan metode hybrid learning berbantuan schoology dan siswa kelas XI IPS 3 yang tidak menggunakan metode hybrid learning pada mata pelajaran matematika di kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial SMAN 2 Singaraja.Sebelum melakukan penelitian, sampel penelitian harus diuji terlebih dahulu kesetaraannya.Data yang digunakan dalam melakukan uji kesetaraan adalah nilai Ulangan Akhir Semester siswa kelas semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling untuk memperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian.Data dikumpulkan melalui tes meningkatkan prestasi belajar matematika yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tes uraian.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa rata-rata skor kelompok eksperimen adalah 82,03 dan rata-rata pada kelompok kontrol adalah 68,55. Selain itu, dilihat dari hasil uji hipotesis untuk post test siswa diperoleh nilai sebesar 5,938dan sebesar 2,000yang menunjukkan , artinya siswa yang belajar menggunakan model hybrid learningmempunyai prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional.
Kata Kunci: Blended Learning, Schoology, prestasi belajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.