Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teknik Think-Pair-Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis

Penulis

  • Lois Tambunan UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN PEMATANGSIANTAR

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v11i2.28180

Abstrak

Rendahnya kompetensi belajar matematika dipengaruhi oleh kurangnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran di kelas. Hal ini sangat menghambat siswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Partisipasi ini berhubungan erat dengan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa. Rendahnya kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis ini mengakibatkan siswa sulit untuk mencerna soal-soal yang diberikan sehingga mereka tidak bisa memecahkan masalah tersebut. Seorang siswa yang memiliki kemampuan pemahaman dan komunikasi yang baik akan dapat dengan mudah mengambil suatu langkah untuk menyelesaikan sebuah persoalan. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional serta mendeskripsikan sikap siswa terhadap pembelajaran kooperatif dengan model Think-Pair-Share. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ekperimen. Penggunaan metode penelitian ini karena penelitian ini benar-benar untuk melihat hubungan sebab akibat antara model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa, dan tes statistik yang akan digunakan untuk pengujian perbedaan dua rata-rata adalah uji-t.
Kata Kunci: Pemahaman Matematis, Komunikasi Matematis, Think-Pair-Share.

Diterbitkan

2021-08-25