ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BLAHBATUH

Penulis

  • Putu Ledyari Noviyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i2.33319

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Prosedur kesalahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu metode tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas VIIG SMP Negeri 1 Blahbatuh yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan materi aljabar berdasarkan prosedur Newman adalah : (a) Kesalahan membaca soal, tidak ada subjek yang salah membaca soal, (b) Kesalahan memahami masalah dilakukan oleh semua subjek penelitian, (c) Kesalahan transformasi dilakukan oleh subjek penelitian 1; 3; 4; 5; dan 6, (d) Kesalahan keterampilan proses dilakukan oleh subjek peneitian 3; 4; 5; dan 6, (e) Kesalahan penulisan jawaban dilakukan oleh semua subjek penelitian. Adapun penyebab kesalahan siswa yaitu tidak memahami yang diminta oleh soal, tidak teliti, kurang dapat menangkap informasi yang terkandung dalam soal, lupa rumus, kurangnya latihan mengerjakan soal cerita, dan kurang memahami materi.

Biografi Penulis

Putu Ledyari Noviyanti, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Dosen Pendidikan Matematika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Diterbitkan

2022-01-22