PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI PERKULIAHAN DARING KALKULUS DIFERENSIAL DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Putu Kartika Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Ristia Kartika Politeknik Negeri Balikpapan
  • Gusti Ayu Mahayukti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ayu Made Arnaputri Universitas Mahasaraswati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33466

Abstrak

Pembelajaran daring merupakan solusi pelaksanaan pendidikan di masa pandemi Covid-19 untuk mencegah penyebaran virus Corona baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah kalkulus diferensial pada masa pandemi Covid-19. Hal ini penting untuk dijadikan pertimbangan dalam mempersiapkan pembelajaran daring di masa yang akan datang. Responden penelitian ini adalah 97 mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha tahun ajaran 2021/2020. Data dikumpulkan dengan kuisioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi perkuliahan. Data dianlisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar sebagian besar mahasiswa adalah audio visual, oleh karena itu pembelajaran dengan video conference lebih diminati dibandingkan dengan percakapan grup Whatsapp. Kendala utama dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah buruknya koneksi internet. Dalam kondisi demikian, pembelajaran dengan percakapan grup Whatsapp merupakan alternatif yang baik. Untuk pelaksanaan pembelajaran daring ke depannya, mahasiswa menyarankan dosen untuk memperbanyak video pembelajaran, agar mahasiswa dapat menyimak penjelasan materi secara berulang-ulang.

Biografi Penulis

Putu Kartika Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Matematika

Desak Made Ristia Kartika, Politeknik Negeri Balikpapan

Jurusan Teknik Sipil

Gusti Ayu Mahayukti, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Matematika

Gusti Ayu Made Arnaputri, Universitas Mahasaraswati

Prodi Pendidikan Matematika

Diterbitkan

2021-08-25