KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATERI SEGIEMPAT BAGI CALON GURU MATEMATIKA

Penulis

  • Dwi Febianti Universitas Sriwijaya
  • Sylvenny Mirandah Universitas Sriwijaya
  • Allya Aulia Universitas Sriwijaya
  • Suchi Pratiwi Universitas Sriwijaya
  • Ratu Ilma Indra Putri Universitas Sriwijaya
  • Ruth Helen Simarmata Universitas Sriwijaya
  • Zuli Nuraeni Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i2.34628

Abstrak

Soal open-ended diharapkan meningkatkan kompetensi bagi calon guru matematika. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara spesifik mengenai kemampuan calon guru matematika dalam proses penyelesaian soal open-ended pada materi segiempat. Penelitian menerapkan metode penjelasan/menggambarkan atau dikenal dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian merupakan mahasiswa FKIP UNSRI, prodi pendidikan matematika semester IV dengan melibatkan sampel 35 mahasiswa. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara secara one to one dan small group serta pengukuran dengan tes tertulis. Berdasarkan hasil dari pengukuran diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) rata-rata jawaban pada soal 1 sebesar 0,83 atau 16% dan soal 2 sebesar 1,80 atau 36% (2) Untuk hasil dari wawancara secara one to one dan small group mayoritas mahasiswa mengalami kesulitan memahami makna soal sehingga menimbulkan penafsiran ganda pada soal nomor 1. Sedangkan, hanya beberapa mahasiswa yang mampu menelaah makna soal secara akurat dan benar pada soal nomor 2. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan calon guru matematika dalam proses penyelesaian soal open-ended pada materi segiempat masih terkategori rendah.

Diterbitkan

2022-01-22