KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATERI SPLDV

Authors

  • Ruth Helen Simarmata Sriwijaya University

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i2.34632

Abstract

Pemecahan masalah pada Sistem Persamaan Linear Dua Variable (SPLDV) memiliki beberapa tahapan yang saling berkaitan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Pendidikan Matematika dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada SPLDV untuk kelas VIII sebagai bekal mereka untuk mengajar nanti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun dalam penelitian ini digunakan tes tertulis, wawancara, dan video dokumentasi sebagai teknik dalam mengumpulkan data. Yang menjadi sasaran dalam kegiatan penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2019 universitas Sriwijaya. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa ternyata masih terdapat mahasiswa yang melewatkan beberapa tahapan yang menjadi indikator penilaian ketika menjawab soal pemecahan masalah. Dimana tahapan yang paling sering dilewatkan mahasiswa saat menjawab soal pemecahan masalah dari hasil penelitian ialah bagian penulisan kesimpulan.

Downloads

Published

2022-01-22