ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.37152Abstrak
Pembelajaran matematika memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan, dan dapat dipengaruhi suatu faktor yaitu kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis, angket gaya belajar dan metode wawancara. Hasil yang diperoleh menunjukkan siswa bergaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual yang menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki kecenderungan mengungkapkan ide-ide matematis, dapat memahami, menafsirkan, mengevaluasi ide-ide matematika dan mampu memakai istilah, lambang matematika. Dibandingkan dengan siswa bergaya belajar kinestetik dan auditorial yang kurang berkompeten dalam mengungkapkan ide matematika, menafsirkan ide matematika, mengevaluasi ide matematika atau memakai istilah, notasi matematika.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.