PENGARUH METODE PQ4R BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.3988Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode PQ4R berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja sebanyak 139 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Dari 5 kelas diambil 2 kelas sebagai sampel penelitian, satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Penyetaraan sampel dilakukan dengan menggunakan proses matching. Pada kelompok eksperimen diterapkan pembelajaran dengan metode PQ4R berbantuan multimedia interaktif, sedangkan kelompok kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Data kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh melalui tes uraian yang telah valid dan reliabel. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor (ekor kanan). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata skor kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen adalah 17,476, sedangkan pada kelas kontrol adalah 12,714. Hasil pengujian dengan menggunakan Uji t diperoleh nilai thitung adalah 3,14068 dan nilai ttabel adalah 1,6840 sehingga thitung ≥ ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode PQ4R berbantuan multimedia interaktif lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Kata Kunci : metode PQ4R, multimedia interaktif, komunikasi matematika
This research aims to determine the effect of PQ4R method asissted with interactive multimedia on the mathematical communication skills of students. This research was a quasi experiment research with post-test only control group design. The research population was all students of grade VIII in SMP Laboratorium Undiksha Singaraja as much as 139 students. Sample were obtained by using random sampling technique. From 5 classes, 2 classes is taken as the sample, the classes as a experiment class and a control class. Sample simillarity is obtained using matching process. Experiment class applied learning with PQ4R method asissted interactive multimedia, while the control class applied conventional learning. The data of mathematical communication skills gained through essay test have valid and reliable. Furthermore, the data were analyzed with using a one tailed t-test (right tailed). Based on the analysis data obtained by the average score of students' mathematical communication on experimental class is 17.476, while the control class is 12.714. The results of this research obtained by the value of ttest is 3.14068 and the value of ttable is 1.6480, so ttest ≥ ttable. So it can be concluded that the mathematical communication skills of students whose following mathematics learning with PQ4R method asissted interactive multimedia better than mathematical communication skills of students whose following conventional learning.
keyword : PQ4R method, interactive multimedia, mathematical communication
Diterbitkan
2014-08-18
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.