PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.3995Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan partisipasi dan prestasi belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Brainstorming dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Lebih lanjut, akan diselidiki siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran mana yang memiliki partisipasi dan prestasi belajar matematika yang paling baik. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test Only Control Group Design. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII non unggulan SMP Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2012/2013, yaitu sebanyak 235 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data hasil lembar observasi partisipasi dan tes prestasi belajar matematika dianalisis menggunakan Uji-t dan MANOVA. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan partisipasi dan prestasi belajar matematika pada kedua kelas sampel. Lebih lanjut, diperoleh bahwa: (1) partisipasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Brainstorming lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (2) prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Brainstorming lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Brainstorming mempunyai perbedaan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Brainstorming berpengaruh positif terhadap partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa.Kata Kunci : MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING, PARTISIPASI, PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
This research is aims at to know whether there is any difference of participation and learning achievement between students who learned with brainstorming learning model and students who learned with conventional learning model. Furthermore, which one have better the participation and achievement in mathematics between the two groups. The research design used in this study is the Post-test Only Control Group Design. The population in this research were all regular eighth grade students of SMP Negeri 4 Singaraja in academic year 2012/2013, as many as 235 student. Sample was choosen using random sampling technique. Data resulting from participation observation sheet and math achievement tests were analyzed using t-tests and MANOVA. The results of hypothesis testing showed that there are differences in participation and achievement in math learning. Furthermore : (1) the participation of the students with Brainstorming learning model better than students who learned with the conventional model (2) learning achievement of students with Brainstorming learning model better than students who learned with the model conventional learning, and (3) participation and learning achievement of students who learned with the learning model has different Brainstorm with students who learned with conventional learning models. It can be concluded that the Brainstorming learning model gives positive effect on the participation and achievement of students learning mathematics.
keyword : Brainstorming learning model, participation, learning achievement mathematics
Diterbitkan
2014-08-18
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.