PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AO BERORIENTASI ZPD TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 4 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.3997Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran AO (Advance Organizer) berorientasi ZPD (Zone of Proximal Development)lebih tinggi dari pada kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimen semu (quasi experiment).Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Kelas X-MIPA SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 236 siswa yang terdistribusi ke dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kemampuan penalaran matematis siswa.Data hasil tes kemampuan penalaran matematis dianalisis menggunakan Uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran AO berorientasi ZPD lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran AO berorientasi ZPD berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.Kata Kunci : model Advance Organizer, ZPD, kemampuan penalaran matematis
This research is aims at to know whether the students mathematical reasoning abilities which is learned by AO (Advance Organizer) learning model oriented ZPD (Zone of Proximal Development) are higher than the students mathematical reasoning abilities which is learned by conventional learning model. This research is categorized as quasi experiment.The research design used in this study is the Post-test Only Control Group Design. The population in this research were the X-MIPA grade students of SMA Negeri 4 Singaraja in academic year 2013/2014, as many as 236 students which is distributed into 6 classes. Sample was chosen using random sampling technique.Data collected in this research is students mathematical reasoning abilities data. The results of students mathematical reasoning abilities test is analyzed by Uji-t. The results of hypothesis testing showed that the students mathematical reasoning abilities which is learned by AO learning model oriented ZPD are higher than the students mathematical reasoning abilities which is learned by conventional learning model. It can be concluded that AO learning model oriented ZPD gives positive effect on the students mathematical reasoning abilities.
keyword : AO learning model, ZPD, mathematics reasoning abilities
Diterbitkan
2014-08-18
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.