IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ECIRR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.3999Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa, 2) mendeskripsikan proses peningkatan pemahaman konsep matematika siswa, dan 3) mengetahui tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran ECIRR. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII B8 SMP Negeri 6 Singaraja pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 31 orang. Data pemahaman konsep matematika siswa diukur dengan tes esai, proses peningkatan pemahaman konsep matematika siswa diamati dengan lembar observasi dan jurnal harian, dan tanggapan siswa dikumpulkan dengan angket. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Rata-rata nilai pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan sebesar 6,90 dari refleksi awal ke siklus I, mengalami peningkatan sebesar 8,90 dari siklus I ke siklus II, dan mengalami peningkatan sebesar 4,58 dari siklus II ke siklus III. 2) rata-rata skor proses pemahaman konsep matematika siswa yaitu 12,57 yang tergolong baik. 3) tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran ECIRR adalah positif dengan rata-rata sebesar 56,12Kata Kunci : model pembelajaran ECIRR, pemahaman konsep matematika
This research was aimed at: 1) increasing the student’s mathematical concepts understanding, 2) describing the enhancement process of the mathematical concepts understanding, and 3) knowing the student’s responses towards the implementation of ECIRR learning model. This research is a classroom action research which was done in three cycles. The subjects of this research were students of VII B8 class in SMP Negeri 6 Singaraja which altogether consisted of 31 students. Data of the student’s mathematical concepts understanding were collected using essay test, the enhancement process of mathematical concepts understanding was observed using observation sheet, while data of students’ responses were collected using questionnaire. Then, the collected data were analyzed descriptively. The results of this research showed that 1) The average value of student’s mathematical concepts understanding has increased 6.90 from first reflections to the first cycle, increased 8.90 from the first cycle to the second cycle, and increased 4,58 from the second cycle to the third cycle. 2) the average scores of process of student’s mathematical concept understanding was 12.57 which belonged to “good” category, 3) the student’s responses towards the implementation of ECIRR learning model was positive, by the average score was 56.12.
keyword : ECIRR learning model, mathematical concepts understanding
Diterbitkan
2014-08-18
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.