PENGEMBANGAN KOMUNIKASI MATEMATIS MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING EDMODO DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING DIMASA PANDEMIK

Authors

  • silviana indah Universitas Muria Kudus
  • Jayanti Putri Purwaningrum Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.40130

Abstract

Kajian ini dibuat untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi siswa dimasa pandemic. Dengan menerapkan media dan model pembelajaaran yang tepat dapat meingkatkan komunikasi matematis siswa yang menurun dimasa pandemic. Model pembelajaran Discovery Learning dirasa cocok digunakan dalam peningkatan Kemampuan Komunikasi siswa, Model Discovery Learning adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa, dimana model ini benyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Guru hanya memberikan bimbingan kepada siswa agar mereka menemukan pengetahuannya sendiri, bimbingan tersebut hanya berupa pancingan pertanyaan-pertanyaan. Dengan kata lain model Discovery ini menuntut siswa untuk aktif dalam berdiskusi anatar siswa kesiswa. Selain model yang tepat, Media pembelajaran juga harus menyesuaikan dengan topic masalah yang dihadapi, media pembelajaran yang diambil adalah media belajar berbasis E-learning Edmodo. platform ini memberikan fasilitas siswa untuk berinteraksi dengan rekan-rekan sesama siswa maupun siswa dengan guru dalam suasana akademis.saling bertukar pendapat berdiskusi satu sama lain adalah poin yang utama dari Edmodo. Edmodo memiliki tampilan yang mirip dengan sosial media kekinian yaitu Facebook, setiap pelajar pasti telah terbiasa dengan penggunaan sosial media Facebook sehingga dapat dipastikan siswa mampu menggunakan Edmodo.

Downloads

Published

2022-05-13