PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI TRIGONOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i2.44543Abstrak
Kurangnya ketertarikan siswa untuk mempelajari materi trigonometri melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android menggunakan Adobe Flash CS6 yang valid dan praktis serta untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 3 Kota Solok. Instrumen penelitian berupa angket validasi, angket uji praktikalitas dan angket kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penilaian validator yaitu ahli media dan ahli materi diperoleh persentase penilaian akhir kevalidan media pembelajaran 87,5% dengan kategori sangat valid. Nilai akhir uji coba kepraktisan dengan guru dan siswa diperoleh persentase 91,71% dengan kategori sangat praktis, hasil uji kemandirian belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 84,78% dengan kategori sangat mandiri. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan Adobe Flash CS6 pada materi trigonometri sudah valid dan praktis serta dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.