MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Sindiana Margareta STKIP Singkawang
  • Nindy Citroresmi Prihatiningtyas STKIP Singkawang
  • Nurul Husna STKIP Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i2.46667

Abstrak

Secara khusus penelitian ini bertujuan;1) Untuk mengidentifikasi model Discovery Learning terhadap kemampuan representasi dan pemahaman konsep matematis; 2) Untuk mengetahui besar atau kecilnya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan representasi; 3) Untuk mengetahui besar atau kecilnya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; 4) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan pembelajaran langsung; 5) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan pembelajaran langsung; 6)Untuk mengetahui motivasi siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning dengan kemampuan representasi dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah  Nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan representasi dan pemahaman konsep matematis model Discovery Learning lebih baik dari model pembelajaran langsung, kemampuan representasi dan pemahaman konsep matematis siswa telah mencapai KKM, pembelajaran menggunakan model Discovery Learning terlaksana dengan baik dan motivasi siswa tergolong tinggi.

 

Diterbitkan

2022-11-30