KORELASI ANTARA POLA ASUH DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA SISWA SMA DI MASA PANDEMI

Penulis

  • Arsyi Afini Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i1.54267

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pola asuh terhadap prestasi matematika, kebiasaan belajar terhadap prestasi matematika dan secara bersama-sama antara pola asuh dan kebiasaan belajar terhadap prestasi matematika. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Sampel yang diteliti sebanyak 30 siswa kelas XI SMA. Pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner skala likert dan nilai UAS. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (deskriptif statistik, normalitas, linieritas dan multikolinieritas) dan uji korelasi (Korelasi Product Moment dan Multiple Correlation). Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) tidak terdapat korelasi yang signifikan antara pola asuh terhadap prestasi matematika sebesar -0.234; (2) terdapat korelasi yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi matematika sebesar  0.398; (3) terdapat korelasi yang signifikan antara pola asuh dan kebiasaan belajar terhadap prestasi matematika sebesar  0.424  dengan tingkat kontribusi 18% dari variabel-variabel.

Kata kunci : Pola Asuh, Kebiasaan Belajar dan Prestasi Matematika

Diterbitkan

2023-04-30